Selasa, 24 September 2013

Arti Lambang dan Arti Kiasan Gerak Pramuka



·   Ok sahabat Pramuka Posting selanjutnya yaitu tentang Arti Lambang gerakan Pramuka yaitu Tunas Kelapa dan mengenai arti kiasan lambang tersebut. Langsung saja baca artikel di bawah ini


   Arti Lambang Gerakan Pramuka

                Lambang Gerakan Pramuka adalah Tunas Kelapa.Pernah seorang pramuka penggalang bertanya “ kak kenapa di ambil tunas kelapa sebagai lambang gerakan pramuka? Kenapa tidak tunas pisang, durian, tunas ubi, atau tunas tunas lainnya??” . Jawaban dari pertanyaan itu adalah karena dari semua tunas yang disebutkan hanya Tunas Kelapa lah yang menjadi suatu filosofi yang pas untuk melambangkan PRAMUKA. Karena tunas kelapa dapat bertahan disegala medan, dapat bertahan di segala cuaca dan akhirnya tumbuh menjadi Pohon Kelapa yang Tinggi, Kokoh, dan Kuat, dan begitupun untuk anggota Pramuka yang harus dapat bertahan di alam terbuka, dapat hidup disegala medan dan tentunya anggota pramuka ataupun orang yang memiliki jiwa pramuka haruslah dapat berguna untuk semua orang ( dapat membantu orang yang membutuhkan / kekurangan ) seperti pohon kelapa yang dapat bermanfaat dari ujung akar sampai ujung daunnya ( semua bagian tubuhnya ( Pohon Kelapa ) dapat bermanfaat untuk orang banyak).

·   Arti Kiasan Mengenai Lambang Gerakan Pramuka


                Disini saya akan memberikan beberapa arti kiasan mengenai  lambang gerakan pramuka diantaranya yaitu:

1.       Buah Kelapa dapat bertahan lama dalam keadaan apapun bahkan sampai buah itu kering. Jadi seorang anggota pramuka haruslah kuat, sehat jasmani dan rohaninya , ulet  serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan  dalam hidupnya dan dalam menempuh segala ujian yang ada.

2.       Tunas Kelapa dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan bahwa pramuka mempunyai daya dan upaya besar untuk dapat bertahan hidup dimanapun dia berada ( mampu beradaptasi dengan lingkungan ).

3.       Pohon Kelapa tumbuh tinggi lurus menjulang ke langi, jadi lambing ini mengkiaskan bahwa tiap pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, mua dan jujur, tetap tegak kokoh berdiri tidak mudah di ombang – ambingkan sesuatu.

4.       Akarnya tumbuh kuat dan erat didalam tanah, lambang ini mengkiaskan bahwa tekad dan keyakinan tiap pramuka adalah berpegang teguh pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan keyakinan itulah yang dipakai untuk memperteguh diri guna meraih cita-citanya.

5.       Kelapa adalah pohon yang  serba guna, lambang ini mengkiaskan bahwa pramuka adalah manusia yang berguna dan berbakti baik bagi dirinya sendiri, agamanya, orang tua, orang lain dan negaranya.



Semoga sedikit penjelasan ini dapat bermanfaat , kritik dan saran sangat diperlukan karena dasar pramuka adalah belajar bersama dan sama sama belajar. Terima kasih .Salam Pramuka...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar