Minggu, 22 September 2013

Pengertian tentang Pramuka

                Gerakan Pramuka adalah nama organisai yang merupakan suatu wadah proses pendidikan kepramukaan yang ada di Indonesia. Sebelum tahun 1961, di Indonesia pernah berdiri puluhan bahkan sampai ratusan organisasi kepanduan, seperti misalnya : Pandu Indonesia, Pandu Rakyat Indonesia (PRI), Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI), Hizbul Wathon (HW), Pandu Kesultanan (PK), dan masih banyak yang lainnya.
                Sekarang hanya ada satu organisasi kepanduan Nasional di Indonesia yang diberi nama PRAMUKA ( Praja Muda Karana ) yang dalam arti sempit berarti “ Sekumpulan orang atau organisasi yang ber Jiwa Muda dan menghasilkan suatu karya “.
                Sedangkan menurut Lord Baden-Powell mengenai kepramukaan yaitu “ kepramukaan itu bukanlah suatu ilmu yang harus dipelajari dengan tekun, bukan pula merupakan kumpulan ajaran-ajaran dan naskah-naskah dari suatu buku. Menurutnya kepramukaan adalah suatu permainan yang menyenangkan di alam terbuka, tempat orang dewasa dan anak-anak pergi bersama-sama, mengadakan pengembaraan bagaikan kakak beradik, membina kesehatan dan kebahagiaan, keterampilan dan kesediaan untuk memberi bagi yang membutuhkan”.
                Dari penjelasan Baden-Powell diatas dapat disimpulkan bahwa kegiatan kepramukaan adalah suatu wadah untuk pendidikan yang disampaikan dengan unsur permainan yang artinya kegiatan kepramukaan adalah tempat bermain dan belajar. Pendidikan yang harus sangat diperhatikan khususnya adalah pembinaan watak (mental dan kepribadian) seorang pramuka.
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar