Selasa, 24 September 2013

Sejarah Kepramukaan



Baiklah artikel selanjutnya  adalah sedikit mengenai sejarah tentang Pramuka , semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat,.. selamat membaca


Organisasi pramuka ini pertama masuk di Negara Hindia dan Belanda karna di Indonesia sedang dijajah oleh Negara Belanda.

Peristiwa bersejarah itu terjadi saat Lord Baden-Powell Off Gilwell dan Lady Baden-Powell ke Indonesia, tanggal 3 Desember 1934. Baden Powell besinggah di Jakarta setelah meninjau jamboree di Australia. Walau para pandu tidak bertemu dengan bapak pandu. Organisasi Gerakan Pramuka pada saat ini menjadi organisasi yang dapat diandalkan sampai seperti saat ini.

Pandu Indonesia pertama kali mengikuti Jambore didunia V di Volegenzang, Belanda, ditahun 1937. Kemudian setelah PROKLAMASI KEMERDEKAAN 17 Agustus 1994, berdiri kembali organisasi – organisasi mencapai kurang lebih 100 organisasi.

Akhirnya, disadari banyaknya organisasi kurang baik untuk persatuan bangsa, maka pemerintah mengeluarkan KEPRES No. 238/61 Tentang gerakan pramuka, sebagai dukungan pemerintah terhadap organisasi kepanduan diIndonesia. Kepres tersebut ditandatangani oleh perdana mentri RI pda saat itu, Ir. H Juanda (Presiden Soekarno sedang mengadakan kunjungan kenegaraan ke Negara jepang).

Jadi gerakan pramuka bukanlah badan pemerintahan. Dan semua organisasi kepanduan melebur diri menjadi anggota Gerakan Pramuka, kecuali organisasi – organisasi kepanduan yang berhaluan kiri/komunis. Mulailah gerakan pramuka di segani. Kemudian sampai saat ini telah diselenggarakan  beberapa kali Jambore Nasional (Jamnas), pertemuan pramuka penggalang yang diselenggarakan setiap 5 tahun sekali, Organisasi Gerakan Pramuka pada saat ini menjadi organisasi yang dapat diandalkan sampai seperti saat ini.
Jambore Nasional yang terakhir diselenggarakan adalah pada tahun 2011 yang bertempat di tempat saya, hehehe maksud saya di Sumatera Selatan tepatnya di Danau Teluk Gelam OKI.

Inilah sedikitn informasi mengenai sejarah kepramukaan, kritik dan saran masih sangat saya perlukan. Sekian dan Salam Pramuka...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar